Penyebab & Cara Memperbaiki Kipas Kulkas 2 Pintu Sharp, Polytron Mati

Lemari es menjadi salah satu barang elektronik rumah tangga yang sangat berguna dalam membantu menjaga dan mengawetkan bahan-bahan makanan. Salah satu komponen yang sering mengalami kerusakan adalah kipas. Terdapat berbagai faktor menyebabkan kipas kulkas 2 pintu mati. Untuk itu, Anda harus memahaminya supaya segera melakukan perbaikan dengan tepat.

cara memperbaiki kipas kulkas 2 pintu mati
Cara memperbaiki kipas kulkas 2 pintu mati

Kulkas dengan pintu sebanyak dua memang dinilai lebih besar sehingga muat untuk menampung isi lebih banyak. Dengan penggunaan setiap saat dan dalam jangka waktu lama, maka kinerjanya semakin menurun. Ini dapat ditandai adanya kerusakan pada komponen kipas yang menyebabkan suhu menjadi tidak stabil lagi.

Baca Dulu: Ampere Kulkas 2 Pintu

Penyebab Kipas Kulkas Dua Pintu Mati

Saat Anda membuka kulkas, pasti akan langsung melihat kipas akan tertutup. Sedangkan, saat menutupnya, otomatis berputar. Inilah cara kerja komponen tersebut dimana juga tergantung dengan peran dari kompresor. Apabila menemukan tidak ada pergerakan pada kipas, maka dapat disebabkan oleh penyebab kipas kulkas 2 pintu mati di bawah ini.

  • Terjadinya penumpukan es pada bagan evaporator atau mengalami frost (bunga es)
  • Dinamo mengalami kegagalan fungsi
  • Ujung switch lemari pendingin tergeser akibat engsel pintu
  • Timer tidak berfungsi atau mati
  • Sering menyimpan makanan atau minuman dalam kondisi panas
  • Kabel tidak tercolok dengan baik

Ketahui: Cara Mengatur Suhu Kulkas Panasonic 2 Pintu

Apakah Kipas pada Refrigerator Sharp 2 Pintu Dapat Mati?

Sharp menjadi merk kulkas yang paling banyak diminati di Indonesia. Dengan kualitas dan harganya, maka Anda dapat memilih produk sesuai kebutuhan. Namun, karena penggunaan tidak bijak atau sudah terlalu lama, masalah bisa muncul kapan saja. Salah satunya adalah kipas kulkas Sharp 2 pintu mati.

penyebab kipas kulkas 2 pintu mati
Penyebab kipas kulkas 2 pintu mati

Apabila terindikasi komponen kipas yang tidak dapat bekerja secara normal, maka Anda perlu melakukan pengecekan secara menyeluruh. Jika tidak terlalu memahaminya, panggil saja tenaga ahli servis di bidang ini supaya lebih optimal dalam memperbaikinya.

Ketahui: Tekanan Freon Kulkas 2 Pintu

judul gambar

Apakah Kipas pada Refrigerator Polytron 2 Pintu Bisa Rusak?

Polytron juga menjadi salah satu incaran brand elektronik favorit masyarakat. Karena penggunaan tidak benar atau terjadi kerusakan, sering dijumpai kipas kulkas Polytron 2 pintu tidak berputar. Hal tersebut dipicu oleh berbagai faktor penggunaan sampai lamanya pemakaian atau durasi.

Refrigerator brand Polytron mempunyai kualitas lemari es yang bagus. Salah satunya adalah jenis dua pintu dimana Anda dapat menemukan fan evaporator original yang dijual di berbagai toko atau marketplace. Setelah itu, gunakan jasa ahli untuk memasangnya supaya permasalahan tersebut segera teratasi.

Ketahui: Kulkas LG 2 Pintu Bawah Tidak Dingin

Bagaimana Cara Memperbaiki Fan Lemari Pendingin Dua Pintu yang Rusak?

Permasalahan fan mati merupakan salah satu paling umum terjadi pada barang elektronik tersebut. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu panik dan khawatir berlebihan karena dapat melakukan sejumlah cara memperbaiki kipas kulkas 2 pintu seperti di bawah ini.

Mengecek Bunga Es (Frost)

kipas kulkas sharp 2 pintu mati

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan bunga es. Ini mungkin saja terjadi sehingga membuat fan tidak dapat berputar akibat tertutup frost tersebut. Dalam hal ini, cabut saja colokan sampai es tersebut mencair. Setelah itu, liat apakah fan bekerja normal di saat frost telah hilang.

Mengecek Door Switch

Switch di bagian pintu lemari pendingin juga mempengaruhi kinerja dari fan. Lakukan kegiatan membuka dan menutup pintu secara berulang-ulang. Cek apakah kipas tersebut hidup atau tidak. Jika terjadi rusak atau patah pada ujung switch biasanya disebabkan oleh tekanan engsel pintu ketika bergeser selama penggunaan.

Baca Dulu: Cara Mengatur Suhu Kulkas LG 2 Pintu

Mengecek Komponen Dinamo

kipas kulkas polytron 2 pintu tidak berputar

Dinamo kipas juga menjadi salah satu komponen yang rentan mengalami kerusakan sehingga membuat kulkas tidak dingin secara optimal. Lakukan pemeriksaan dengan memutar baling-baling kipasnya. Apabila terasa berat, menandakan terjadinya kerusakan pada fan. Anda dapat mencoba melancarkan putaran melalui pemberian minyak atau sejenis pelumas yang tepat.

Itu dia informasi tentang sejumlah penyebab dari kipas kulkas 2 pintu mati dimana sangat mempengaruhi kinerja refrigerator. Lemari pendingin menjadi tidak stabil suhunya sehingga isi makanan atau minuman menjadi cepat basi/busuk. Anda dapat mencoba mengecek beberapa bagian supaya bisa menemukan sumber masalah dan memperbaikinya.

judul gambar

Leave a Comment