Cara Memperbaiki Lampu Neon Panjang Kedap-Kedip dan Mati

Lampu Fluorescent atau Neon panjang kerap kali dipilih orang sebagai alat penerangan. Hal itu karena produk tersebut dapat memancarkan cahaya dengan cukup baik. Meskipun begitu, saat penggunaannya sudah cukup tinggi, tidak jarang kerusakan akan terjadi. Oleh karena itu, bagi yang menggunakannya, lebih baik untuk mencari tahu tentang cara memperbaiki lampu Neon Panjang tersebut agar lebih hemat biaya.

cara memperbaiki lampu neon panjang

Pasalnya, matinya lampu tersebut terkadang disebabkan oleh kerusakan komponennya saja. Jadi, sebenarnya tidak perlu beli baru jika Anda tahu cara untuk mengganti komponennya. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, maka sebaiknya ikutilah beberapa ulasannya di bawah ini.

Baca Dulu : Skema Lampu Philips

Mengenal Jenis Neon

Secara bentuknya, terdapat dua macam Neon. Berikut adalah kedua jenis tersebut:

1. Jenis TL

Neon Jenis TL

Pertama ada jenis TL atau Tube Luminescent. Jenis TL ini merupakan jenis produk dengan tabung bentuknya memanjang. Biasanya, produk ini menggunakan starter serta trafo ballast untuk menghidupkannya. Salah satu pengembang terbesar produk ini tentu adalah Philips. Bahkan, produk mereka kini sudah digunakan oleh ratusan juta masyarakat di dunia.

2. Jenis PL

Lampu Neon Jenis PL

Kedua ada jenis PL atau Philips Luminescent. Pada awal kemunculan jenis PL, orang biasa menyebutnya dengan nama lampu Philips. Produk ini bisa dibilang adalah cikal bakal berbagai macam Neon modern yang beredar di dunia. Seiring dengan perkembangan yang terjadi, jenis ini menggunakan rangkaian khusus bernama electronic ballast.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Lampu Neon Panjang yang Mati

Cara Memperbaiki Lampu Neon Panjang yang Mati

judul gambar

Pada umumnya, saat Neon sudah mati orang menganggapnya sudah tidak bisa digunakan. Jadi, kebanyakan dari mereka langsung membeli barang baru sebagai penggantinya. Padahal, sebelum memutuskan beli baru, sebenarnya Anda masih dapat melakukan pengecekan terhadap Neon tersebut. Bisa saja, matinya produk tersebut disebabkan mesin ataupun kaca bohlam yang mati.

Untuk memastikan kerusakan tersebut, Anda bisa menggunakan alat tester. Nantinya alat tersebut digunakan untuk melakukan pengukuran di arus maupun komponen. Dari pemeriksaan tersebut, nanti akan ketahuan pada komponen mana masalahnya. Nah, untuk lebih jelasnya lagi tentang cara memperbaiki lampu neon led panjang, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1. Lakukan Pengukuran Kaca Bohlam

Cara pertama adalah dengan mengecek kaca bohlam. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa kaca tersebut masih hidup atau tidak. Untuk mengetahuinya sebenarnya caranya tidak terlalu sulit. Jika dilihat, kaca yang sudah rusak akan mempunyai pangkal berwarna hitam. Sementara jika kondisi pangkal bersih, maka bisa dikatakan bohlam kaca masih bagus.

Namun, untuk memastikannya, diperlukan pengukuran menggunakan tester. Anda dapat atur ukuran BUZ dan hubungkan tanda (+) dengan (-). Apabila jarum masih dapat bergerak semua, artinya bohlam masih bisa digunakan. Sementara jika salah satu jarum tidak bergerak, maka itu menandakan bohlam sudah tidak bisa digunakan lagi.

2. Cek Milar Starter

Penyebab neon mati atau kedap-kedip juga bisa karena ada masalah di milar starter. Umumnya, kerusakan tersebut dapat dilihat saat nyala hanya ada di bagian pangkal saja. Jika sudah seperti ini, maka perlu dicari pengganti starter lampu neon tersebut. Anda bisa beli komponen baru ataupun menggunakan kanibal mesin lainnya yang masih dapat digunakan dengan baik.

Pada saat pemasangan Anda harus memperhatikan betul tentang cara memasang kabel lampu neon panjang dan komponen lainnya. Hal ini karena apabila terdapat kekeliruan, maka dapat menyebabkan lampu tetap mati. Oleh karena itu, lakukan pemasangan serta penggantian komponen dengan hati-hati agar hasilnya maksimal.

3. Memperbaiki Elco Rusak

Cara memperbaiki lampu neon panjang kedap kedip atau mati berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian elco. Kerusakan di bagian elco dapat dilihat saat elco menggelembung atau meledak. Apabila memang seperti itu, maka cara mengatasinya cukup dengan mengganti komponen tersebut dengan yang baru ataupun menggunakan kanibal mesin lainnya.

4. Memperbaiki Kapasitor Mati

Salah satu penyebab lainnya kenapa lampu TL tidak mau menyala adalah kapasitornya mengalami kerusakan. Hal ini biasa dialami oleh jenis produk abal-abal dengan ukuran 20 watt. Solusi untuk mengatasi masalah seperti ini juga cukup mengganti komponennya saja. Setelah itu, tinggal dicoba kembali apakah lampu dapat menyala seperti sedia kala atau tidak.

Ketahui :

Kurang lebih itulah cara memperbaiki lampu neon panjang yang bisa dicoba. Apabila memang kerusakan ada pada komponen, maka Anda masih dapat memperbaikinya. Namun, jika neon-nya yang rusak, maka mau tidak mau Anda harus membeli lampu baru.

judul gambar

Leave a Comment