Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung Dengan Multitester

Kapasitor merupakan alat yang digunakan untuk memenuhi berbagai jenis keperluan elektronik seperti menyaring frekuensi hingga menyimpan muatan listrik sementara. Kapasitor sendiri telah menjadi komponen listrik dari mesin cuci yang biasa digunakan untuk melakukan aktivitas mencuci oleh masyarakat umum. Jadi kita harus mengetahui cara cek kapasitor mesin cuci. Namun, sebagai pengguna mesin cuci kita harus lebih memerhatikan kondisi mesinnya agar bisa bekerja secara optimal.

cara cek kapasitor mesin cuci dengan multitester

Sudah terbilang biasa masalah yang terjadi pada mesin cuci adalah perputarannya menjadi lambat atau bahkan bisa tidak berputar sama sekali.

Tanda-tanda kapasitor dalam kondisi lemah atau rusak diantaranya adalah:

  • Putaran melambat,
  • Start lambat,
  • Badan motor panas,
  • Keadaan fisik kapasitor mengembung atau bengkak.

Selain tanda tanda diatas, bahkan kapasitor bisa saja meledak. Permasalahan tersebut terjadi karena kondisi kapasitor semakin lemah ataupun rusak.

Jika terjadi kerusakan pada kapasitor, pastikan untuk pasang kapasitor mesin cuci yang baru agar mesin dapat bekerja secara optimal. Kapasitor ini tentunya bisa didapatkan di toko elektronik terdekat.

Jika Anda belum berpengalaman memperbaiki komponen kelistrikan mesin cuci, pastikan untuk membawa kapasitor bawaan agar penjual bisa melayani dengan baik. Saat membeli kapasitor, sesuaikan dengan nilai kapasitor yang terdapat dengan mesin cuci Anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengecek kapasitor mesin cuci dengan mudah yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jadi pastikan Anda simak ulasannya hingga selesai, ya!

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Ada dua cara cek kapasitor mesin cuci 2 tabung untuk dapat mengetahui kondisinya masih normal atau sudah melemah.

Cara pertama adalah bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan avo meter seperti gambar di bawah ini:

cara cek kapasitor mesin cuci

Cara kedua adalah memasukkan dua kabel kapasitor ke lubang stop kontak dan kedua kabel tersebut disentuhkan satu sama lain. Apabila keluar percikan api, itu artinya kapasitor masih berfungsi dengan baik, sedangkan bila tak ada respons apapun itu menandakan kapasitor mengalami kerusakan.

Pastikan untuk selalu berhati-hati ketika melepaskan kabel dari stop kontak karena bisa membuat sengatan listrik dari dalam kapasitornya.

Setelah proses pengecekan selesai dilakukan, lakukanlah penggantian kapasitor yang mengalami kerusakan. Hal ini dapat membantu kondisi mesin cuci Anda kembali bekerja dengan baik. Sebab kerusakan akan membuat daya kerja mesin cuci menjadi kurang optimal.

judul gambar

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci 1 Tabung

Kerusakan yang terjadi pada komponen listrik mesin cuci pastinya bisa kita periksa sendiri dengan cara mudah. Pemeriksaan pertama dapat dilakukan dengan mengecek bagian kabel yang terhubung dengan steker listrik. Bila kabel steker terlihat memiliki kondisi yang baik, mulailah cek kabel-kabel lain di bagian dalam mesin cuci.

Para pemilik mesin cuci tentunya harus rajin memeriksa apakah ada bagian yang rusak atau gosok yang menimbulkan bau gosong. Selain itu para pemilik mesin cuci juga harus mengetahui cara mengecek kapasitor yang baik. Untuk cek kapasitor pada mesin cuci 1 tabung bisa dilakukan dengan dua cara, pertama menggunakan bantuan multimeter. Cara kedua dengan memeriksa percikan api pada kabel.

Cara Cek Kapasitor Mesin Cuci dengan Multitester

Bagaimana cara mengukur kapasitor mesin cuci dengan bantuan multitester analog? Ini dia caranya:

cara cek kapasitor mesin cuci dengan multitester

  • Pertama-tama siapkan alat ukur multitester yang akan digunakan.
  • Lalu, atur posisi selektor pada Ohm-meter untuk mengukur nilai tahanan.
  • Jangan lupa untuk memastikan jika multitester yang digunakan dalam kondisi baik dan prima.
  • Siapkan kapasitor yang akan diukur, pastikan kapasitor tersebut sudah tidak terhubung dengan kabel-kabel lainnya.
  • Hubungkanlah jarum pengukur pada terminal kapasitor yang akan dicek.

Lihatlah hasil pengukuran yang sudah dilakukan pada jarum penunjuk multitester analog.

Cara cek kapasitor mesin cuci lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan multitester analog. Mengecek kapasitor mesin cuci sendiri tentunya sudah bisa dilakukan dengan menggunakan multitester digital atau kapasitansi meter, akan tetapi multitester analog jauh lebih mudah didapatkan. Hal inipun membuat alat ukur kapasitor mesin cuci satu ini banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Setelah mengetahui cara-cara mengecek atau mengukur kapasitor mesin cuci tentunya dapat membantu kita untuk mengenal kondisinya apakah masih layak pakai atau sudah rusak. Selain itu, mengenal ciri kapasitor rusak tentunya sangat berguna bagi Anda untuk memperkecil kerusakan dan bisa mengatasinya dengan cepat.

Jenis mesin cuci yang ada saat ini memang sangat banyak di pasaran, ada yang berkekuatan 6,5 kg hingga berkekuatan 8 kg. Mereknya pun kini bermacam-macam, namun fungsi dari kapasitornya sendiri sama.

Salah satu fungsi kapasitor sendiri adalah sebagai mesin penggerak yang dapat memberikan hentakkan pada waktu start dan menghubungkan arus yang tergabung dari kumparan jalan menuju kumparan pembantu. Maka dari itu pastikan kapasitor mesin cuci Anda dapat kondisi baik.

Baca Juga: Cara Menyambung Kabel Dinamo Mesin Cuci Ke Kapasitor

Mengetahui cara cek kapasitor mesin cuci tentunya akan bermanfaat untuk kita belajar cara memperbaiki alat elektronik tersebut sendiri. Jadi, kita tak perlu bingung lagi ketika terjadi kerusakan pada mesin cuci yang sedang digunakan. Mesin cuci dengan kondisi baik pastinya akan membuat kegiatan mencuci pun menjadi lebih menyenangkan tanpa ada hambatan apapun.

judul gambar

Leave a Comment