AC Aqua 1 Pk Untuk Ruang Ukuran Berapa? Pilih Low Watt, Inverter Atau Standar?

AC Aqua japan 1/2 dan 1 PK Inverter berapa Watt? Berapa harga AC Aqua 1/2 PK low watt? Nah, kali ini kita akan bahas nih produk AC Aqua Japan, mulai dari 1.2 PK, 3/4 PK sampai 1 PK.

Sebelumnya kita sudah berulang kali membahas mengenail apa itu PK. Anda bisa baca di artikel sebelumnya ya : AC 1 PK Berapa Watt?

Lalu AC Aqua 1 PK berapa watt?

Kali ini kita akan berikan produk dari AC Aqua 1/2 PK sampai 1 PK, apa saja produknya, berapa harganya? Kita simak artikelnya dibawah ini!

AC Low Watt, Inverter atau AC Standar?

Untuk produk AC Aqua, ada tiga jenis pilihan nih untuk Anda? Mau AC Low Watt, AC Inverter atau AC Standar?

ac aqua 1 pk berapa watt

Untuk memilih salah satu jenis AC Aqua tersebut, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

Apakah Anda ingin membeli AC rumah? AC 1 PK bisa menjadi salah satu pilihan Anda. Jika Anda bingung dengan berbagai pilihan AC, mungkin AC low watt bisa jadi pilihan. Mungkin dengan beragam fitur yang ditawarkan oleh setiap unit AC, Anda tidak yakin apakah akan membutuhkannya atau tidak. Agar tidak salah dalam memilih AC pengganti, AC low watt mungkin bisa dijadikan pilih.

Baca Dulu: AC LG 1 PK Berapa Watt?

Dari namanya saja, AC Low watt adalah AC hemat listrik. Siapa yang tidak menginginkan dirumah untuk menghemat listrik? Pastinya setiap orang ingin pengeluaran listrik bisa lebih hemat. Karena kebutuhan hidup sekarang makin naik ditandai harga-harga barang yang makin naik.

AC Split tersedia dengan tiga tipe, yakni AC standar, AC low watt dan tipe AC inverter. Secara umum, tipe AC standar dan AC low watt hampir sama. Namun pada tipe AC low watt, konsumsi komponen kompresor diturunkan sehingga lebih hemat energi. Tipe AC low watt cocok untuk rumah yang mempunyai daya listrik rendah.

Untuk AC tipe inverter dimana unit akan bekerja sangat keras saat dinyalakan guna mendinginkan ruangan secara cepat. Ketika suhu ruang telah mencapai suhu sesuai dengan pengaturan, unit baru akan menurunkan kinerjanya sehingga konsumsi daya listrik akan turun. Inverter jenis ini menggunakan watt yang sangat besar untuk tarikan awal namun konsumsi watt akan relatif kecil saat ruangan telah dingin.

Karena itu, AC tipe inverter sangat tidak disarankan bagi mereka yang hanya menggunakan AC dalam waktu singkat (2-3 jam) atau jika pintu ruangan sering dibuka dan ditutup. Jika AC digunakan untuk keperluan rumah tangga, AC tipe low watt mungkin menjadi pilihan paling realistis. Sedangkan AC inverter lebih cocok untuk mendinginkan ruangan kantor.

Setelah menentukan jenis AC yang cocok, maka dalam memilih AC, hal pertama yang dicari yakni berapa kebutuhan PK yang dibutuhkan. Jika memilih AC dengan PK yang kecil maka akan tidak terasa dingin, sebaliknya, jika Anda menggunakan AC PK yang terlalu besar dapat menyebabkan ruangan menjadi terlalu dingin dan boros listrik.

Baca: AC Daikin 1 PK Berapa Watt?

Menentukan PK AC Aqua sesuai kebutuhan, berapa watt?

Untuk menentukan kaopasitan PK AC sesuai kebutuhan maka dapat dihitung dengan rumus sebagai berikut:

BTU = Luas Ruangan dalam m2 x 500

BTU adalah British Thermal Unit yaitu satuan energi dan berapa PK harus dipilih untuk kebutuhan pendinginan dalam suatu ruangan.

Berikut kebutuhan pendingin AC dengan ukuran PK sesuai luas ruangan:

judul gambar
  • ½ PK = 5000 Btu/h, maksimal ukuran ruangan 10m2
  • ¾ PK = 7000 Btu/h, maksimal ukuran ruangan 14m2
  • 1 PK = 9000 Btu/h, maksimal ukuran ruangan 18m2
  • 1 ½ PK = 12000 Btu/h, maksimal ukuran ruangan 24m2
  • 2 PK = 18000 Btu/h maksimal ukuran ruangan 36m2

AC Aqua 1 PK Low Watt

Kebanyakan orang lebih suka menggunakan AC dengan watt lebih rendah dengan pemakaian AC dalam waktu yang tidak lama. Karena waktu penggunaan yang singkat namun dalam waktu yang sering, maka konsumsi listrik juga bisa besar. Namun memilih AC dengan watt rendah dapat membuat tegangan listrik sebenarnya jauh lebih stabil dan lebih aman. Harga yang diberikan oleh AC ini juga biasanya lebih murah dibandingkan dengan AC Inverter atau bahkan AC Standar biasanya. Dengan begitu nilai energi listrik juga menjadi lebih hemat setiap bulannya.

Kekurangan AC Low Watt

1 . AC Tidak Dingin

Luas ruangan tidak sesuai dengan kapasitas 1 PK AC menjadi salah satu penyebab AC tidak dingin. Area yang terlalu luas menyebabkan AC tidak maksimal dalam mendinginkan ruangan. Ini karena daya AC tidak mampu menutupi seluruh suhu ruangan.

2 . Waktu Pendinginan jadi Lebih Lama

Apa bisa kita bandingkan dengan AC inverter atau AC standar, daya untuk mendinginkan area tersebut tentu berbeda. Karena daya listrik serta tenaga AC berukuran lebih kecil. Jadi umumnya AC dengan watt lebih rendah membutuhkan waktu yang lama untuk mempersiapkan diri melakukan proses pendinginan udara di semua area ruangan. Tapi Anda jangan khawatir karena ini adalah hal yang normal dan banyak ditemuai untuk berbagai merk AC.

Baca Dulu:

Harga AC Aqua 1 PK Low watt

1. AC Aqua Japan Kr 09 Anr 1 Pk Low Watt

Spesifikasi:

  • Jenis/Tipe: Ac Split
  • Ukuran PK: 1 PK
  • Kekuatan :9.000 Btu/H
  • Refrigerant :R32
  • Daya maksimal: 760 Watt
  • Dimensi Indoor :77x24x20 Cm
  • Berat :8 Kg
  • Dimensi Outdoor :66 X 28 X 51 Cm
  • Berat : 24 Kg
  • Harga: Rp2.850.000

AC Aqua 1 PK inverter

Telah disinggung giatas, jika tipe AC Inverter lebih cocok digunakan di perkantoran. Hal ini dikarenakan AC Inverter lebih tepat jika dipakai dalam waktu yang relatif lama. Karena selama waktu tersebut AC lebih hemat dalam konsumsi energi namun udara ruangan dalam keadaan tetap atau dingin yang stabil.

Berikut ini salah satu produk AC Aqua 1 PK Inverter:

2. AC Aqua Inverter AQA-KCRV9WG 1 PK

Spesifikasi:

Tipe: Inverter

  • Kapasitas: 1 PK
  • BTU/h: 9000 Btu/h
  • Ukuran ruangan: 4 x 4 m
  • Refrigerant: R32
  • Garansi kompresor: 10 Tahun
  • Fitur: Turbo Cool, Aqua Fresh, anti karat, low watt
  • Daya: 850 (300-850) Watt

 

Kesimpulan:

AC Aqua 1 PK berapa watt?

Untuk AC Low Watt (AC Aqua Japan Kr 09 Anr 1 Pk) membutuhkan daya maksimal 760 Watt.

Untuk AC Aqua 1 PK Inverter (AC Aqua Inverter AQA-KCRV9WG 1 PK) membutuhkan daya 850 (300-850) Watt.

judul gambar

Leave a Comment