Kontaktor & Wiring Diagram AC Split Daikin 2 PK

Wiring diagram ac split Daikin 2 PK akan kami bagikan kepada Anda yang selalu mengutak-utik atau memperbaiki masalah AC dirumah. Termasuk mengenai spesifikasi kontaktor ac Daikin 2 pk yang saat ini banyak dijual di marketplace Indonesia. Sparepart yang satu ini juga bisa dibilang bukan barang yang murah. Di salah satu marketplace dibanderol dengan harga 500an ribu.

Kontaktor AC Daikin 2 PK

Kontaktor AC Daikin 2 PK dengan 220-240V 50Hz dan 220-240V 60Hz ini memiliki spesifikasi:

  • A.C1 (240V) =lth=24A
  • Breaking 24A/13A
  • Making 90A/60A
  • Current 240/440V

Wiring Diagram Ac Split Daikin 2 Pk

Berikut ini gambar diagran wiring AC split Daikin 2 PK yang semoga berguna bagi Anda.

Wiring Diagram Ac Split Daikin 2 Pk

Kabel luar Daikin memiliki perlindungan kelebihan beban sebelum mencapai koil kontaktor, jadi jika ada arus lebih, unit luar akan mati total.

Unit AC split terdiri dari dua bagian: unit dalam dan unit luar. Unit kontrol memiliki komponen listrik dan elektronik yang ditempatkan di dalam unit indoor dan outdoor (modul). Diagram kelistrikan unit indoor ac split dapat dilihat secara garis besar pada gambar di bawah ini.

KOMPONEN LISTRIK AC SPLIT UNIT DALAM RUANGAN

Sekering

Sebelum mengakses komponen listrik AC Split, arus listrik bolak-balik mengalir melalui sekring. Sekring berfungsi sebagai alat pengaman; jika terjadi kerusakan atau korsleting pada rangkaian listrik AC Split, sekring akan putus, mencegah terjadinya kebakaran.

Mesin Peniup

Pada AC Split, motor blower mensirkulasikan udara di dalam ruangan sehingga dapat melewati evaporator; setelah udara melewati evaporator, pengatur aliran udara mengarahkan aliran udara ke dalam ruangan.

Blower akan bekerja sampai suhu kamar target tercapai. Dengan kata lain, ketika suhu udara ruangan mencapai derajat yang diinginkan, blower akan mati (mati) (pengaturan suhu pada pengaturan remote control AC Split).

Motor Step

Motor penggerak unit AC Split dalam ruangan mengarahkan udara dari blower. Remote control dapat digunakan untuk mengubah arah hembusan angin.

Baca Dulu:

judul gambar

Kapasitor

Ketika unit AC Split dihidupkan, kapasitor dalam ruangan bertindak sebagai driver motor blower atau sebagai kapasitor awal.

Sensor Suhu (Thermistor)

Sensor suhu (termistor) adalah perangkat yang mengukur suhu. Suhu dibaca oleh termistor, dan data selanjutnya diproses oleh modul kontrol elektronik.

Termistor sering dipasang di bagian pipa evaporator AC Split. Termistor dibuat dari bahan semikonduktor dan tersedia dalam berbagai bentuk tergantung pada pembuat AC, seperti cakram, batangan, atau manik-manik. Termistor berbentuk butiran dan memiliki diameter (sekitar 3-5 mm). Setelah itu, beberapa termistor ditempatkan dalam kapsul kaca (glass capsules). Kapsul kaca kemudian dilengkapi dengan dua kaki terminal (pin). Termistor granular dapat merespons perubahan suhu dengan sangat cepat karena ukurannya yang kecil. Termokopel dimaksudkan untuk memiliki resistansi yang berkurang saat suhu naik (NTC).

Ada dua jenis termistor dalam unit AC: termistor suhu kamar dan termistor pipa evaporator. Peran termistor suhu ruangan adalah menerima reaksi perubahan suhu dan hembusan udara dari evaporator. Termistor pipa mendeteksi variasi suhu dalam pipa evaporator.

Baca Juga:

Modul Kontrol untuk Elektronik

Modul Kontrol Elektronik Unit AC Split mengatur keseluruhan pengoperasian Unit AC Split. Jika fungsi modul kendali elektronik dibandingkan dengan fungsi otak manusia. Berbagai perangkat elektronik, seperti resistor, kapasitor, IC, ROM, transformator, sekering, dan komponen pendukung elektronik lainnya, ditempatkan di dalam komponen PCB Kontrol. Fungsinya pun beragam, mulai dari penerimaan data dari remote control hingga pengontrolan kecepatan blower dalam ruangan, pergerakan ayunan motor stepper, pengaturan suhu, masa operasi (timer), dan menghidupkan atau mematikan AC.

Panel Indikator

Sebagai penampil status proses fungsi unit AC Split. Indikator ini terdiri dari beberapa LED (light emitting diode).

Terpencil

Remote control AC Split memiliki pengaturan pengguna, pengaturan suhu, timer, kecepatan blower interior, dan pengaturan arah motor ayun.

judul gambar

Leave a Comment