Skema & Cara Menyambung Spul Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Bagi para pemilik kipas angin tentu pernah merasakan kerusakan sehingga perlu mengetahui tentang skema spul kipas angin. Pengetahuan akan hal ini memang cukup penting karena dengan melihat skema tersebut, seseorang bisa memiliki gambaran mengenai langkah apa akan dilakukan nantinya. Oleh karena itu, pada kali ini akan dibahas cukup lengkap mengenai berbagai contoh sebagai bahan referensi.

skema spul kipas angin

Baca Dulu : Cara Menyambung Kabel Dinamo Kipas Angin

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melihat Skema Spul Kipas Angin

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Melihat Skema Spul Kipas Angin

Jika berbicara tentang spul, pasti erat kaitannya dengan dinamo atau motor listrik. Jadi, penting untuk mengetahui hal ini terlebih dahulu. Motor listrik merupakan mesin utama dari kipas. Berbagai kabel akan tersambung ke komponen ini. Ada berbagai macam jenisnya, mulai dari 3 kabel, 4 kabel, 5 kabel, ataupun 6 kabel, tergantung merek kipas tersebut.

Dari sekian banyak jenis itu, paling sering ditemui adalah keluaran 6 kabel dengan rincian 3 untuk mengatur kecepatan, 2 kapasitor, dan 1 netral. Pada sebuah motor listrik, biasanya terdapat 4 kumparan. Masing-masing kumparan mempunyai 2 ujung sehingga terdapat 8 keluaran. Satu kumparan utama memiliki lilitan paling banyak, sedangkan kumparan speed hampir sama.

Pada motor listrik, biasanya juga kerap ditemui sebuah komponen bernama thermofuse. Fungsi thermofuse adalah menjadi sekring pada motor. Jadi, apabila panas melebihi atas, komponen ini otomatis akan putus sehingga motor listrik tidak akan terbakar.

Skema Gulungan Kipas Angin Miyako

Skema Gulungan Kipas Angin Miyako

Di bagian ini akan dijelaskan mengenai gambaran gulungan dari kipas angin Miyako. Seperti kita ketahui, Miyako merupakan salah satu merek yang cukup populer di Indonesia. Tentu saja ini tidak lepas dari betapa baiknya kualitas produk brand tersebut. Silakan perhatikan secara detail agar nantinya bisa melakukan penanganan secara tepat. Perlu diketahui bahwa mungkin saja setiap tipe akan memiliki struktur sedikit berbeda.

Skema Kipas Angin Miyako Kst 18 RC

Skema Kipas Angin Miyako Kst 18 RC

judul gambar

Kipas angin KST-18 RC adalah salah satu produk Miyako yang cukup laris di pasar elektronik tanah air. Memiliki kelebihan bisa menjadi desk fan, wall fan, serta stand fan membuatnya menjadi barang elektronik multi fungsi. Pengguna pun bisa leluasa memaksimalkan fungsinya sesuai kebutuhan secara praktis tanpa harus berganti-ganti kipas berbeda.

Cara mengoperasikannya adalah menggunakan remote. Pengguna bisa mengatur kecepatan dengan jarak maksimal 3 meter. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot mendekati dan memencet secara manual. Terdapat 3 kekuatan putaran angin yang dapat disesuaikan kondisi ruangan. Selain itu, mesin motornya juga sangat berkualitas sehingga tidak akan menimbulkan suara bising.

Untuk memastikan keamanan penggunanya, Miyako membekali fitur thremofuse. Dengan demikian, apabila terjadi over heat tidak akan menimbulkan masalah serius. Karena kelebihan-kelebihan di atas, tentu saja skemanya agak sedikit berbeda dibandingkan tipe lainnya. Silakan simak skema gulungan kipas angin Miyako berikut ini.

Baca Juga :

Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Cara Menyambung Gulungan Dinamo Kipas Angin yang Putus

Salah satu masalah yang mungkin cukup mengganggu adalah gulungan dinamo putus. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tentang skema cara menyambung gulungan dinamo kipas angin yang putus. Masalah ini menyebabkan perangkat tidak bisa berfungsi secara normal, bahkan jika terlalu parah bisa menyebabkan korsleting. Jadi, Anda harus segera melakukan perbaikan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Ambil dinamo dari perangkat
  • Periksa kabel mana yang mengalami masalah
  • Cari gulungan yang putus
  • Angkat gulungan yang putus
  • Bersihkan ujung lilitan yang putus
  • Sambungkan dengan solder pada bagian lilitan yang luka menggunakan timah
  • Tambahkan vernis kayu sebagai isolator pada lilitan yang luka
  • Tambahkan selotip agar lebih aman

Perlu diketahui, langkah di atas hanya bisa dilakukan dengan beberapa syarat seperti kabel masih menyambung, kapasitor masih normal, dan sebagainya. Jika adalah salah satu syarat tidak terpenuhi, maka cara di atas bisa jadi tidak akan bekerja.

Solusi paling baik ketika mengalami masalah tersebut adalah mengganti dinamo baru. Selain menghemat waktu, Anda juga tidak perlu repot-repot melakukan perbaikan. Namun, jika kerusakan masih ringan bisa juga menggunakan jasa reparasi elektronik terdekat.

Ketahui :

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai skema spul kipas angin merek Miyako dan beberapa hal yang terkait dengannya. Jika merasa masih kesulitan, Anda bisa mencari panduan di platform berbagi video seperti YouTube agar mendapatkan gambaran mengenai langkah-langkahnya.

judul gambar

Leave a Comment