Remote AC Samsung Tidak Berfungsi & Cara Mengatasinya

Remote AC Samsung tidak berfungsi dengan baik? Kenapa remote AC tidak berfungsi bisa disebabkan oleh beberapa kemungkinan. Untuk mengetahui penyebab tersebut, harus kita cek satu per satu. Nah, ulasan dibawah ini akan kami berikan cara mengatasi remote AC samsung tidak berfungsi, atau merk lainnya bisa Anda coba. Yuk cekidot!

Remote AC merupakan perangkat paling penting untuk menghidupkan dan mematikan AC, serta mengatur suhu dan fungsi lainnya yang tersedia dalam berbagai jenis dan merek AC.

Remote AC Samsung tidak berfungsi

AC yang dipasang di dinding ruangan mana pun di rumah tidak akan pernah berfungsi atau berguna tanpa remote AC, sehingga satu item itu sangat ‘berharga’.

Namun, tidak jarang remote AC mati atau AC tidak bisa dioperasikan.

Penyebab remote AC tidak berfungsi dan cara mengatasinya

Ada berbagai macam penyebab remote AC tidak berfungsi atau AC tidak remote, antara lain:

1. Baterai di remote AC telah mati.

Ini adalah sesuatu yang sering diabaikan banyak orang.

Banyak orang lupa atau tidak menyadari bahwa remote AC ditenagai oleh baterai.

Layar pada remote AC mulai memudar atau tidak menampilkan gambar seperti biasa saat baterai habis.

Cara mengatasi:

Setelah mengganti baterai, gunakan kamera smartphone atau kamera digital untuk menguji apakah LED menyala atau mati dengan menekan tombol remote AC.

Jika lampu LED menyala, remote berfungsi dengan baik.

2. Remote AC rusak.

Jika Anda mengganti baterai dan remote AC tetap tidak berfungsi, kemungkinan remote AC telah rusak.

Jika lampu LED tidak menyala setelah mengganti baterai, berarti remote AC rusak.

Namun, jika LED menyala tetapi tetap tidak berfungsi, penjelasannya adalah koneksi nirkabel inframerah antara remote control dan sensor AC tidak menerima data.

Kerusakan pada peralatan AC Anda dapat menyebabkan kegagalan fungsi inframerah yang mencegah Anda menerima atau mengirim data. Ketika ini terjadi, satu-satunya pilihan adalah membeli remote AC baru.

Untuk menghindari masalah lebih lanjut, pastikan kontrol AC yang Anda beli adalah asli.

Jika Anda tidak dapat menemukan remote AC yang Anda miliki karena sudah tidak diproduksi lagi, Anda dapat menggunakan remote AC universal yang dapat berfungsi di semua merk AC.

Namun, Anda mungkin tidak lagi dapat mengakses fungsi pada AC Anda karena remote universal biasanya hanya memungkinkan Anda untuk menghidupkan dan mematikan AC sambil mengubah suhu.

3. Sensor AC rusak atau rusak.

Sensor AC yang rusak dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk terkena air saat disemprotkan ke evaporator atau terkena tetesan air saat didinginkan.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menjernihkan air pada sensor dengan pengering rambut atau dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Jenis kerusakan sensor AC selanjutnya bisa disebabkan oleh usia atau lama pemakaian; pendekatan terbaik untuk menentukan apakah sensor AC rusak atau tidak adalah dengan mengukurnya menggunakan multitester.

Masalah lain dengan sensor AC adalah soket sensor yang longgar.

Selain itu, adanya kotoran di dalam soket, seperti debu atau partikel lain, membuat sensor menjadi kurang sensitif.

4. Kegagalan modul PCB

Modul PCB adalah komponen utama yang mengontrol semua operasi pendinginan di AC, termasuk mematikan dan menghidupkan AC menggunakan remote.

Jika terjadi kesalahan pada modul ini, dapat timbul kesulitan AC yang tidak dapat diselesaikan dari jarak jauh.

Penyebab kesalahan modul PCB juga bervariasi; mungkin karena terkena tegangan tinggi atau rendah (tegangan listrik tidak stabil), mungkin ada komponen yang terbakar, atau mungkin ada kabel yang tidak rapi yang disebabkan oleh korsleting atau digigit tikus.

judul gambar

5. Masalah termistor

Masalah khusus ini jarang terjadi, tetapi bukan tidak mungkin. Termistor yang rusak juga dapat mencegah AC dinyalakan atau dimatikan menggunakan remote AC. Pada unit AC, termistor berfungsi sebagai pengatur suhu ruangan otomatis. Termistor yang tidak berfungsi di AC ditunjukkan oleh lampu pengatur waktu yang berkedip atau mengeluarkan suara.

Baca Dulu:

6. IC kontrol telah rusak

IC kontrol yang salah dapat membuat AC tidak dapat dioperasikan. Jika IC kontrol gagal, Anda harus melaporkan masalah tersebut ke ahli AC.

Cara mengatasi remote AC Samsung tidak berfungsi

Ada beberapa alasan mengapa remote Anda tidak berfungsi. Namun, penyebab paling umum dari remote TV tidak berfungsi adalah masalah baterai, masalah pemasangan, atau masalah sensor inframerah.

Periksa baterai remote

Sambil mengarahkan remote control ke TV, tekan tombol daya. Periksa untuk melihat apakah indikasi LED pada TV berkedip. Jika tidak, baterai remote Anda tidak terisi penuh.

Periksa apakah polaritas baterai (positif, negatif) telah diposisikan dengan benar

Jika baterai sudah terpasang dengan benar tetapi masih tidak berfungsi, gantilah dengan yang baru. Disarankan agar Anda mengganti dua baterai, bukan hanya satu.

Baca Juga:

Hubungkan remote control

Jika Anda menggunakan smart remote control, mungkin perlu ditautkan agar dapat beroperasi dengan benar lagi.

Untuk menampilkan jendela pop-up penyandingan, tekan tombol Return dan Play/Pause secara bersamaan selama lebih dari 3 detik.

Periksa untuk gangguan dan hambatan

Singkirkan apa pun yang menghalangi TV dan remote Anda. Sinyal inframerah mungkin terhalang jika ada item di antara remote dan penerima TV.

Selain itu, perangkat listrik dapat mengganggu sinyal dari remote Anda. Jika Anda memiliki gadget di dekat TV, seperti lampu, radio, atau perangkat seluler, pertimbangkan untuk menjauhkannya darinya.

Baca Dulu:

Periksa sinyal inframerah secara visual

Kamera digital apa pun, termasuk kamera pada perangkat seluler Anda, dapat digunakan untuk memverifikasi sinyal inframerah.

Nyalakan kamera dan posisikan ujung depan remote pada lensa. Sambil melihat layar perangkat seluler, tekan dan tahan tombol daya pada remote. Remote akan memancarkan cahaya atau sinar.

Jika Anda tidak dapat melihat cahaya atau cahaya dari remote setelah mengganti baterai, berarti ada masalah dengan remote.

judul gambar

Leave a Comment