Membuat Rangkaian Lampu Led 5 Volt Untuk Penerangan Rumah

Sejak pertama kali muncul awal tahun 2000 silam, lampu LED mampu menyingkirkan ketenaran lampu pijar. Apalagi soal keunggulan sangat banyak, bahkan Anda juga bisa membuat rangkaian lampu LED untuk penerangan rumah sendiri dengan bahan yang mudah didapat.

membuat rangkaian lampu led untuk penerangan rumah

Jika dilihat sepintas, banyak skema pembuatan rangkaian lampu tersebut yang sepertinya sulit. Padahal jika Anda sudah memiliki semua bahannya, tinggal mengikuti skema dan tahapan pembuatan yang tepat maka sebuah rangkaian lampu indah bisa diciptakan.

Baca Dulu : Cara Membuat lampu LED Berjalan Bolak-Balik

Cara Membuat Rangkaian Lampu LED

 Cara Membuat Rangkaian Lampu LED

Merujuk pada gambar 1 yang memperlihatkan skema lampu LED untuk kebutuhan penerangan rumah sederhana, Anda setidaknya hanya perlu enam komponen utama dengan harga relatif murah. Jika dihitung-hitung, anggaran yang diperlukan maksimal hanya berkisar Rp. 50 ribuan saja.

  • Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang akan diperlukan, untuk membuat sebuah rangkaian lamp tersebut bisa ditemukan di toko kelistrikan. Mulai dari lampu jenis Light Emitting Diode hingga resistor. Berikut ini penjelasan bahannya:

  1. 25 buah Lampu LED bening
  2. 4 buah Dioda jenis IN 4007
  3. 1 buah kapasitor milar 330 nf/450 volt
  4. 1 buah elco 4,7 uF/450 volt
  5. 1 resistor R470K
  6. 1 resistor R330 ohm
  7. Bekas lampu jenis Compact Fluorescent Light (beberapa komponennya bisa dipakai sehingga lebih hemat biaya)
  8. Piringan VCD rusak
  • Cara Pembuatan
    untuk pembuatannya, dibutuhkan beberapa tahapan detail yang perlu Anda lakukan yaitu:
  1. Buatlah rangkaian kelistrikan seperti skema pada gambar 1. Anda bisa menggunakan casing dari lampu jenis jari sebagai wadah lampu rumah dari komponen LED. Sedangkan pemantul cahayanya dapat menggunakan piringan VCD yang sudah tidak terpakai.
  2. Lakukan pengujian lamp, namun jangan langsung dipegang supaya resiko tersengat listrik bisa dihindari. Sebab untuk pengujian dibutuhkan tegangan listrik cukup tinggi yaitu mencapai 220 volt
  3. Jika uji coba selesai, akan bisa dipastikan semua bagian lamp menyala dengan baik. Ketika ada bagian yang tidak hidup, perlu dilakukan penggantian lampu supaya menyala lebih terang dan maksimal
  4. Tempatkan perangkat penerangan di posisi sesuai keinginan, apakah di tengah plafon ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, atau lokasi lainnya. Kemudian colokan pada sumber arus dan lihat terangnya akan mampu membuat ruangan cukup besar dengan ukuran 5×4 menjadi sangat bercahaya.

Baca Juga : Skema Rangkaian lampu LED Berjalan 12 Volt

judul gambar

Trik Agar Lampu LED Tahan Lama

Trik Agar Lampu LED Tahan Lama

Jika uji coba pembuatan rangkaian lampu LED 220vac sudah selesai, Anda bisa membuat lebih banyak dengan anggaran yang lebih hemat. Terangnya komponen ini, bisa bertahan lebih lama tanpa membuat tagihan listrik membengkak. Asalkan mampu menerapkan trik tepat saat menggunakan.

  • Gunakan Arus Listrik Tegangan Rendah

Jenis lamp ini tidak tahan pada panas yang berlebih, sehingga sangat disarankan untuk menggunakan arus listrik tegangan rendah ketika menghidupkannya. Supaya suhu panas tidak membuat lampu cepat putus.

Memang, saat melakukan uji coba disarankan menggunakan tegangan cukup tinggi. Tapi itu dilakukan untuk memastikan bahwa komponen yang dibuat sudah tepat di posisinya masing-masing dan siap untuk dialiri listrik berbagai jenis tegangan bahkan pada kondisi lebih rendah sekalipun.

  • Jangan Terlalu Sering Mematikan dan Menghidupkannya

Menghidupkan dan mematikan perangkat ini sebaiknya tidak terlalu sering, biarkan saja hidup selama dibutuhkan. Kemudian matikan jika memang Anda akan berada lama di luar ruangan tersebut.

Fungsinya, untuk memastikan semua komponen pada kondisi stabil dan tidak shock dengan kondisi hidup mati secara mendadak.

  • Gunakan Untuk Ruangan Besar

Akan lebih baik menempatkan rangkaian lampu LED 5 volt pada ruangan yang cukup besar. Sehingga sirkulasi udara sangat bagus dan tidak membuatnya cepat panas.

Ini yang sering diabaikan, dimana pengguna menempatkannya di ruangan yang sempit membuat komponen mudah panas dan akhirnya memuai. Alih-alih bertahan lama, hanya dalam hitungan bulan saja bisa redup dan kehilangan cahaya terbaiknya.

  • Pastikan Suhu Ruangan yang Tepat

Maksimal suhu ruangan bisa ditolerir saat penggunaan komponen penerangan ini adalah 27 derajat celcius. Jika melebihi itu, kemungkinan untuk cepat redup dan terang menjadi tidak fokus sangat mungkin terjadi.

Ketahui : Kipas Kulkas 2 Pintu Mati

Selama Anda membuat rangkaian lampu LED untuk penerangan rumah, dengan langkah tepat seperti di atas maka penerangan rumah akan lebih maksimal di berbagai lokasi. Tinggal menerapkan trik paling tepat supaya cahayanya bisa bertahan lama.

judul gambar

Leave a Comment