Penyebab Lampu Indikator AC Panasonic Warna Merah & Cara Mengatasinya

Apa penyebab lampu AC berkedip warna merah pada AC Panasonic? Sering dijumpai lampu indikator AC Panasonic berkedip dengan warna merah. Lampu timer AC Panasonic yang menyala merah tersebut bisa mengindikasikan masalah atau kerusakan komponen.

lampu ac warna merah panasonic

Kerusakan tersebut bisa muncul karena tidak bisa berfungsi secara normal. Ini bisa menurunkan kinerja AC Panasonic itu sendiri. Misalnya AC menjadi tidak dingin.

Popularitas AC Panasonic

Pilihan yang lebih baik dan lebih hemat biaya untuk membuat ruangan sejuk adalah dengan menggunakan AC. Beberapa orang memilih untuk menggunakan AC berkualitas.

Panasonic adalah salah satu merek AC yang terkenal di Indonesia. Tak heran jika kualitas Panasonic terbilang cukup memuaskan konsumen mengingat popularitas merek tersebut di Indonesia.

Jika Anda baru saja membeli AC Panasonic dan tidak yakin bagaimana mengoperasikan remote atau cara mematikan timer AC, jangan khawatir.

Kami akan membahas cara menonaktifkan timer AC Panasonic di artikel ini. Mari kita lihat penjelasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Penyebab lampu indikator AC Panasonic warna merah

  1. Kurangnya freon pada AC tersebut
  2. Kondensor AC mati
  3. Kompresor AC tidak normal
  4. Masalah pada termistor AC
  5. Koneksi instalasi pada bagian outdor dan indor tidak berjalan semestinya.

Cara mengatasi lampu AC warna merah Panasonic

Kurangnya freon AC

Banyak merk AC tidak akan berfungsi dengan baik jika tekanan gas freon turun secara otomatis. Ini bisa kita tahu dari kemunculan bunga es. Lampu indikator AC Panasonic bisa menjadi warna merah dengan adanya indikasi tersebut.

Pastikan termometer berfungsi dengan baik karena evaporator AC hanya merasakan beberapa indikator lampu pengatur waktu yang berkedip ini. Ini menjaga termis agar tidak rusak oleh suhu dingin.

Ketahui: AC LG 1 PK Berapa Watt?

Kondensor AC mati

Kondensator AC ini dapat digunakan untuk mengurangi beban saat kompresor menyala atau untuk jump-start kompresor.

judul gambar

Baca Juga:

Lampu AC warna merah Panasonic akan berkedip jika kompresor tidak dihidupkan dan thermic tidak terkena suhu dingin.

Kelainan pada kompresor AC

Bahkan jika suhu udara target belum tercapai, lampu indikasi kompresor AC berkedip karena berbagai faktor.

Masalah Termostat AC

Sebuah evapurator di dalam ruangan memiliki sensor termik atau udara yang dipasang pada evapurator dan terhubung ke pipa.

Termistor AC berfungsi sebagai sensor pada evaporator sekaligus sebagai pendeteksi suhu di dalam ruangan.

Termis memutus arus ketika mencapai suhu tertentu. Lampu timer akan berkedip jika termistor rusak dan memberikan sinyal kesalahan.

Baca Dulu: 

Koneksi instalasi luar dan dalam tidak beroperasi dengan benar.

Listrik harus terhubung sempurna dari dalam ke luar setiap saat. Hindari penggunaan kabel yang memiliki konektor.

Karena konstruksi pipa secara elegan membungkus sambungan listrik dalam-ke-luar ruangan, hindari menggunakan kabel yang terhubung. Akibat koneksi yang tidak sempurna, lampu AC warna merah Panasonic mungkin berkedip merah.

Penyebab lain dari lampu AC berkedip warna merah pada merk Panasonic adalah karena AC mulai kotot dan bisa juga terkena air.

Adanya kotoran dan air ini bisa mengganggu kinerja sistem kontrol AC Panasonic.

Jika AC Anda lama tidak dibersihkan, lalu mucul kedip-kedip warna merah bisa disebabkan karena ini.

Solusi lain yang bisa dicoba adalah mencabut kabel power listrik. Tunggu beberapa saat, lalu colokkan lagi. Selanjutnya nyalakan dengan tombol remot AC Panasonik Anda.

Baca Juga:

Itulah informasi tentang lampu AC warna merah Panasonic dan solusi mengatasinya. Jika Anda tidak yakin akan bisa memperbaiki masalah AC Panasonic dirumah, bisa memanggil tukang service AC. Semoga membantu.

judul gambar

Leave a Comment