Fungsi Tombol Pada Remote AC Aqua Serta Cara Settingnya Biar Dingin

Fungsi tombol pada remote AC Aqua tak banyak diketahui, mengingat banyaknya tombol yang ada pada remote tersebut. Air conditioner atau AC, merupakan perangkat penyejuk udara yang kini banyak dipasang di rumah-rumah guna mendinginkan ruangan. Banyak orang memilih AC dibandingkan kipas angin karena dinilai dapat memberikan suasana lebih sejuk dan nyaman.

Fungsi tombol pada remote AC Aqua

Salah satu merek yang banyak digunakan masyarakat dunia adalah Aqua Japan. Pasalnya perangkat penyejuk ruangan satu ini dinilai mampu mendinginkan ruangan lebih cepat, namun penggunaan listrik tetap hemat. Bagi pengguna baru, berikut arti di setiap tombol remote AC Aqua yang wajib diketahui.

Remote AC Aqua

Baca Dulu : Kode Error AC Polytron 

1. Power ON / OFF

Di setiap remote tentu ada tombol Power ON / OFF untuk menghidupkan maupun mematikan perangkat AC, dan sangat mudah ditemukan karena berada di sisi atas dengan button berwarna merah.

2. Temperature

Jika ingin menurunkan atau menaikkan suhu udara, cukup tekan button bergambar simbol panah ke atas dan ke bawah. Apabila ingin menaikkan suhu tekan panah ke atas, jika ingin menurunkan maka tekan simbol panah ke bawah.

3. Dry

Tombol satu ini memungkinkan perangkat AC untuk beroperasi seperti kipas angin biasa. Sehingga unit hanya akan mengeluarkan aliran udara tanpa bisa diatur pengaturan suhunya.

4. Heat

Heat bertujuan untuk menghilangkan kelembapan udara, sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur di dalam ruangan.

5. Cool

Tombol bertuliskan Cool ini berfungsi mengaktifkan mode pendingin udara serta mengatur suhu sesuai keadaan ruangan. Cepat tidaknya proses penurunan suhu bergantung pada setelan kipas, temperatur, dan turbo.

6. Turbo

Jika ingin ruangan dingin dalam waktu singkat, tekan button bertuliskan Turbo. Unit AC pun akan beroperasi di kecepatan maksimum, sehingga proses pendinginan menjadi lebih cepat.

7. Auto

judul gambar

Perangkat juga dapat mendeteksi kondisi ruangan lalu melakukan pengaturan sendiri melalui tombol ini. Unit AC akan memilih preferensi ideal secara otomatis sehingga lebih memudahkan pengguna.

8. Low Watt

Fungsi tombol low watt pada remote AC Aqua adalah untuk menghidupkan mode hemat energi, sehingga lebih hemat daya listrik.

9. Timer

Apabila unit AC ingin berhenti beroperasi di waktu tertentu, cukup tekan button Timer. Nantinya unit dapat mati secara otomatis berdasarkan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.

10. Swing

Selain itu arah hembusan udara juga bisa diatur melalui tombol Swing. Di beberapa tipe terdapat pengaturan ganda yakni horizontal dan vertical, sehingga pengguna dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan.

Baca Juga :

11. Sleep

Terganggu dengan suara bising AC? Tak perlu khawatir karena pengguna bisa mensenyapkan suara hembusan udara dari perangkat AC melalui tombol ini.

12. Light

Button ini digunakan untuk menyalakan lampu latar di display remote, sehingga ikon-ikon pun akan terlihat lebih jelas ketika pencahayaan ruangan minim.

13. Nano Aqua

Fitur Nano Aqua ini dapat membersihkan virus, debu, kotoran, dan bakteri yang menempel di bagian evaporator ketika diaktifkan. Sehingga kualitas udara di dalam ruangan pun menjadi lebih bersih dan sehat bagi tubuh.

14. Health Airflow

Fungsi Health Airflow pada AC Aqua adalah untuk mengatur hembusan udara dalam ruangan sehingga terasa lebih sejuk dan sehat.

15. Lock

Agar pengaturan remote tidak dapat diubah, tekan tombol Lock.

16. Reset

Ketika ingin merubah pengaturan kembali ke setting-an pabrik, pilih button Reset ini.

Cara Setting Remote AC Aqua Biar Dingin

Cara setting remote ac aqua biar dingin

  • Hidupkan AC dengan menekan tombol Power, tunggu hingga indikator suhu terlihat di layar remote
  • Atur suhu ruangan antara 22-24 derajat celcius, tunggu selama satu menit
  • Pilih mode Cool
  • Turunkan suhu secara bertahap
  • Atur kecepatan perputaran kipas dan sesuaikan arah aliran udara

Ketahui :

Itulah fungsi button yang ada di remote AC Aqua Japan terlengkap.

judul gambar

Leave a Comment