Skema Diagram Mesin Cuci 1 & 2 Tabung Samsung

Semua peralatan elektronik rumah tangga pastinya punya diagram kabel atau biasa disebut sebagai “wiring diagram”. Produsen elektronik biasanya menyematkan diagram ini pada produk ataupun buku manualnya. Contohnya bisa kita lihat pada diagram mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung yang terdapat pada bagian cover mesin cuci.

Diagram Mesin Cuci 1 Tabung

Nah, bila kalian masih bingung dalam menentukan rangkaian diagram mesin cuci, silakan simak informasi lengkapnya dalam artikel kali ini.

Baca Dulu : Rangkaian Kabel Mesin Cuci 2 Tabung

Apa itu Diagram Mesin Cuci?

Diagram mesin cuci merupakan skema rangkaian mesin cuci yang terdiri atas komponen-komponen kelistrikan seperti kabel, modul, dan komponen lain yang terhubung satu sama lain. Diagram ini berupa gambar yang berbentuk representasi visual atas komponen-komponen yang saling terkait satu sama lain dalam hal sambungan listrik.

Pada umumnya, dalam satu mesin cuci hanya memiliki 1 buah diagram dalam tautan interkoneksi. Namun, ada juga yang memiliki dua atau lebih diagram akibat adanya sistem kelistrikan yang terpisah dari diagram utama.

Bagi seorang teknisi elektronik, tentu wiring diagram berperan sangat penting dalam membantu memecahkan masalah rangkaian kelistrikan serta dalam proyek manufaktur yang berkaitan dengan komponen listrik. Hal ini akan menjadikan risiko kegagalan rencana listrik menjadi minim atau bahkan nol.

Fungsi Wiring Diagram Mesin Cuci

 Fungsi Wiring Diagram Mesin Cuci

Ada banyak sekali manfaat dari diagram mesin cuci 1 tabung jadi manual yang perlu kalian ketahui. Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu memudahkan seorang teknisi dalam mengelola sistem kelistrikan
  • Mengurasi risiko terjadi kegagalan pemasangan listrik akibat kesalahan sirkuit listrik
  • Memudahkan perbaikan serta perawatan jika terdapat kerusakan pada komponen listrik.
  • Membantu seorang teknisi dalam merancang sirkuit listrik secara menyeluruh
  • Mempermudah implementasi dan penerapan pemasangan komponen kabel dan listrik.
  • Mempercepat proses realisasi pembuatan komponen listrik oleh pihak produsen

Baca Juga :

Perbedaan Diagram Mesin Cuci 1 Tabung dan 2 Tabung

Untuk membedakan antara diagram mesin cuci 1 tabung dan diagram mesin cuci 2 tabung sebenarnya tidaklah sulit. Kalian hanya perlu mengamati dari skema modul nya. Contohnya skema modul mesin cuci Samsung wa70v4 yang memiliki beberapa perbedaan seperti:

judul gambar
Perbedaan Diagram Mesin Cuci 1 Tabung Diagram Mesin Cuci 2 Tabung
Alur rangkaian Lebih sederhana dan tidak punya banyak rangkaian Lebih panjang dan lebih rumit karena komponennya banyak
Komponen Komponen elektronik yang terhubung lebih sedikit Terdapat lebih banyak komponen elektronik yang  terhubung
Jumlah motor Hanya terdapat satu motor yakni dinamo wash yang sekaligus sebagai dinamo spin Jumlahnya 2 motor yang dinamo wash dan dinamo spin yang terpisah satu sama lain
Perawatan Lebih mudah karena tidak memerlukan banyak pengecekan antar tautan Butuh waktu lebih lama karena butuh pengecekan yang mendalam pada setiap intrakoneksi
Fitur Fitur yang menyertainya lebih sedikit dan tidak banyak sensor yang dimilikinya. Fitur lebih banyak mulai dari fitur berteknologi tinggi maupun fitur andalan produk tersebut.

Istilah-Istilah dalam Diagram Mesin Cuci

Pada dasarnya, sistem kerja mesin cuci sangatlah sederhana yakni hanya dengan memutar pulsator ke arah kiri dan ke arah kanan melalui pengendalian dari modul. Nah, dalam prakteknya, sistem kerja mesin cuci sangat bergantung pada komponen-komponen yang terdapat dalam jalur pengkabelan seperti yang tertuang pada diagram mesin cuci.

Untuk itu, berikut kami berikan rincian informasi seputar istilah-istilah yang biasa kita temui dalam diagram mesin cuci 1 tabung Samsung atau merk lainnya:

  • Resistor: komponen yang berguna untuk melakukan pembatasan terhadap aliran arus listrik sehingga aliran listrik yang masuk ke mesin cuci lebih terkontrol.
  • Kapasitor: digunakan untuk memperbesar kopel pada saat proses start mesin cuci yang bekerja dengan cara menyimpan arus listrik yang ada.
  • Wire: kawat atau kabel yang menunjukkan arah aliran kabel serta jenis sambungan pada suatu diagram listrik.
  • Motor: terdiri atas 2 motor yakni motor wash yang terdapat dalam tabung utama untuk mencuci dan motor spin untuk proses pengeringan pakaian.
  • Switch: disebut juga sebagai fuse yang merupakan komponen sakelar untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik.

Ketahui :

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kami berikan seputar diagram mesin cuci 1 tabung maupun 2 tabung yang dapat kami informasikan kepada kalian. Semoga bermanfaat!

judul gambar

Leave a Comment