Arti Warna Kabel Dinamo Pada Kipas Angin Cosmos, Maspion

Mengetahui arti warna kabel pada kipas angin memang satu hal yang cukup penting. Hal tersebut bertujuan agar lebih mudah ketika melakukan perbaikan maupun saat ingin membuat rangkaian. Para pelaku jasa servis elektronik pasti sudah memahami hal tersebut. Akan tetapi, jika Anda ingin mengotak-atik secara mandiri, silakan simak pembahasan pada artikel kali ini.

arti warna kabel pada kipas angin

Baca Juga : Cara Menyambung Kabel Kipas Angin 4 Kabel

Arti Warna Kabel pada Kipas Angin

Arti Warna Kabel pada Kipas Angin

Perlu diketahui bahwa setiap kabel pada kipas angin memiliki arti tersendiri. Anda perlu mengingat apa saja arti tersebut serta bagaimana urutannya. Apabila terdapat kesalahan, terutama ketika urutannya tidak sesuai, maka perangkat tidak akan bisa berfungsi secara normal. Bahkan, risiko paling berbahaya adalah mengakibatkan korsleting listrik. Lalu, apa saja arti warna tersebut?

Arti Warna Kabel Kipas Angin Maspion

Arti Warna Kabel Kipas Angin Maspion

Sebenarnya ada berbagai macam rangkaian seperti 4 atau 5 cable. Secara lebih jelas, berikut adalah arti dari masing-masing warna tersebut.

1. Merah

Merah mengindikasikan fungsi kecepatan tinggi. Oleh sebab itu, ketika membuat rangkaian, pastikan kabel ini berada pada bagian paling samping dan berada di sebelah urutan berikutnya.

2. Putih

Selanjutnya adalah putih. Putih mengindikasikan fungsi kecepatan sedang. Jadi, saat menyusun sebuah rangkaian, warna merah harus berada di samping putih. Apabila ada sela-sela kabel lain, maka bisa dikatakan urutannya menjadi salah.

3. Biru

Kemudian ada warna biru. Biru menunjukkan kecepatan rendah. Oleh karena itu, pastikan biru juga berada di urutan paling ujung. Dari ketiganya ini, maka bisa dikatakan urutan yang benar adalah biru, putih, lalu merah. Jangan sampai urutan ini terbalik karena bisa membuat kipas tidak bisa berfungsi secara normal.

4. Hitam

Terakhir adalah hitam. Hitam menunjukkan kabel power. Artinya, kabel ini akan dihubungkan ke sumber listrik.

Itulah tadi arti warna pada tipe 4 kabel. Biasanya rangkaian ini digunakan pada kipas berdiri. Sedangkan untuk kipas box terdapat tambahan kuning. Selain itu, kabel hitam juga digunakan di kapasitor.

Baca Dulu :

judul gambar

Arti Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Arti Warna Kabel Kipas Angin Cosmos

Hampir sama seperti poin sebelumnya, pada dasarnya warna kabel dinamo kipas angin lebih ditentukan pada fungsi dalam menjalankan mesin. Oleh karena itu, tidak begitu menjadi persoalan apabila kasusnya berbeda merek. Hanya saja, mungkin karena berbeda produsen, rangkaian di dalamnya pasti akan terdapat beberapa perbedaan. Inilah sebabnya sangat penting membaca buku manual atau mempelajari rangkaiannya terlebih dahulu.

Mengenai urutan warna kabel kipas angin Cosmos juga tidak boleh sembarangan. Apabila tidak tepat, baik itu terbalik maupun acak maka tidak akan berfungsi secara normal. Selain itu, kemungkinan hal buruk juga akan terjadi seperti terjadi korsleting dan menimbulkan kerusakan di beberapa komponen. Jika belum benar-benar memahami, sangat disarankan untuk menggunakan jasa elektronik.

Arti Warna Kabel Dinamo Kipas Angin Cina

Selain Maspion dan Cosmos, mungkin Anda juga kerap menemui beberapa produk kipas Cina. Masih sama seperti sebelumnya, Anda perlu memahami terlebih dahulu bagaimana rangkaian komponen-komponen di dalamnya. Mungkin saja terdapat beberapa perbedaan antara kabel kipas angin Cina dengan produk lain seperti dari segi fungsi warnanya.

Pentingnya Memahami Warna Kabel Kipas Angin

Pentingnya Memahami Warna Kabel Kipas Angin

1. Terhindar dari korsleting

Seperti telah disebutkan di pembahasan awal, manfaat dari mengetahui akan hal tersebut adalah menghindari berbagai risiko ketika melakukan perbaikan atau membuat rangkaian. Memang benar, risiko terkecil yang mungkin terjadi hanyalah tidak bisa beroperasi normal. Itu pun masih bisa dirangkai ulang. Akan tetapi, jika sudah terjadi korsleting maka komponen di dalamnya bisa rusak.

2. Pengetahuan dasar

Pengetahuan ini sebenarnya bersifat hampir universal pada seluruh perangkat kipas, baik itu desk fan, wall fan, maupun jenis gantung. Mungkin saja setiap jenisnya mempunyai rangkaian berbeda-beda. Akan tetapi, sebagai fondasi dasar pengetahuan di atas memang benar-benar harus dipahami serta dihafalkan. Apalagi jika Anda bergerak di dunia reparasi elektronik.

Ketahui :

Itulah tadi beberapa arti warna kabel pada kipas angin yang perlu Anda ketahui. Pada dasarnya pengetahuan dasar seperti ini sangat penting dipelajari. Akan tetapi, jika memang benar-benar tidak tahu dan menemui kerusakan pada perangkat, maka lebih disarankan menggunakan jasa reparasi saja.

judul gambar

Leave a Comment