Letak Defrost Bimetal Kulkas Polytron 2 Pintu

Yuk Berbagi!

Mungkin banyak dari para pengguna kulkas khususnya 2 pintu yang seringkali mengeluhkan jika kulkasnya tidak nyaman. Atau bahkan bisa juga kulkasnya tidak dingin seperti dulunya. Ya salah satu di antaranya hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada defrost kulkas 2 pintu yang Anda miliki.

Letak Bimetal Kulkas 2 Pintu

Kemudian bagaimana cara mengetahui letak Bimetal Kulkas 2 pintu agar dapat membetulkan fuse kulkas 2 pintu? Tenang saja ya sahabat! Untuk kali ini kami akan memberikan bocoran bagaimana langkah dan cara membetulkannya agar tidak perlu lagi datang ke tukang servis kulkas.

Baca Dulu : Fungsi Kondensor Kulkas

Ini Dia Langkah dan Cara Mengetahui Letak Bimetal Kulkas 2 Pintu untuk Membetulkan Defrost kulkas 2 Pintu

Letak Bimetal Kulkas 2 Pintu

  • Bimetal atau Defrost kulkas 2 pintu

Bimetal atau Defrost kulkas 2 pintu ini sebenarnya switch atau bisa di sebut juta saklar yg bekerja berdasarkan suhu. Kegunaannya yaitu sebagai penghubung arus listrik ke heater. Berbeda halnya dengan kulkas 1 pintu, pada kulkas 1 pintu tidak menggunakan defrost bimetal ini, karena proses pencairan bunga es masih secara manual.

Proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu ini telah di lengkapi dengan bimetal atau defrost. Bentuk umumnya  yaitu bulat dan ada yg kotak, di lindungi plastik tebal yang di pres supaya kedap air dan menempel pada evaporator di bagian atas. Pada saat evaporator cukup dingin kedua kabel pada bimetal ini akan tersambung dan mensuplai tegangan secara langsung ke heater.

Artikel Terkait :

  • Cara Kerja Defrost Kulkas Polytron 2 Pintu

Cara Kerja Defrost Kulkas Polytron 2 Pintu

Sebuah lemari pendingin yang umumnya kulkas 2 pintu sudah di lengkapi dengan sistem pencairan bunga es. Jauh berbeda dengan kulkas 1 pintu yang proses pencairan bunga es di lakukan secara manual. Untuk pencairan bunga es pada kulkas 1 pintu di lakukan dengan cara manual, yaitu dengan cara memencet tombol defrost atau bisa juga dengan cara memutar thermostat berlawanan jarum jam. Hingga terdengar bunyi klik bertanda kulkas dalam kondisi off.

Proses pencairan bunga es pada kulkas 2 pintu ini jauh lebih sempurna dan bekerja secara otomatis tanpa harus kita lakukan. Pasalnya proses ini sudah di lengkapi alat seperti halnya:

  1. Motor kipas Blower
  2. Thermo Defrost | Bimetal
  3. Thermo fuse
  4. Thermostat Kulkas
  5. Timer Defrost Kulkas
  6. Heater Kulkas

Fungsi Defrost Pada Kulkas 2 Pintu

Heater atau defrost panas berfungsi untuk dapat mencairkan bunga es di evaporator dengan cara di panaskan. Komponen ini sejenis dengan elemen panas yang sumber panasnya di hasilkan oleh lilitan yang mempunyai nilai tahanan listrik daya tinggi. Supaya body kulkas tidak meleleh pada saat fuse kulkas 2 pintu bekerja biasanya fuse tersebut di lapisi kaca khusus dan tertutup rapat. Selain daripada itu untuk mencegah terbakarnya body kulkas.

Macam – macam Defrost Kulkas 2 Pintu

Pada kulkas 2 pintu terdapat 2 macam Defrost yang di gunakan yaitu heater kaca dan heater evaporator. Masing – masing kulkas memakai heater yang berbeda – beda tergantung juga pada merk kulkas tersebut. Ada yang menggunakan Defrost kaca dan ada yang menggunakan Defrost evap.

Defrost kaca ini terletak pada bagian bawah evaporator sementara heater evap terletak menempel dengan evaporator. Defrost kaca jika sudah rusak bisa terlihat kaca pelapisnya akan pecah tapi jika Defrost evap harus di ukur dengan menggunakan multitester terlebih dahulu.

Ketahui :

Jadi seperti itu langkah dan cara mengetahui letak Bimetal Kulkas 2 Pintu untuk melakukan tindakan pada Defrost kulkas 2 pintu. Semoga bermanfaat bagi Anda semua khususnya yang membutuhkan informasinya.

Leave a Comment